Instalasi dan Konfigurasi Web Server Apache2 Debian Jessie

Fungsi utama dari web server adalah untuk mentransfer atau memindahkan berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol komunikasi tertentu.Oleh karena dalam satu halaman web biasanya terdiri dari berbagai macam jenis berkas seperti gambar, video, teks, audio, file dan lain sebagainya, maka pemanfaatan web server berfungsi juga untuk mentransfer keseluruhan aspekĀ  pemberkasan dalam halaman tersebut, termasuk teks, gambar, video, audio, file dan sebagainya.
Pada saat anda ingin mengakses sebuah halaman website, biasanya anda mengetik halaman tersebut di browser seperti mozilla, chrome dan lain-lain. Setelah anda meminta (biasanya dengan menekan enter) untuk dapat mengakses halaman tersebut, browser akan melakukan permintaan ke web server. Disinilah web server berperan, web server akan mencarikan data yang diminta browser, lalu mengirimkan data tersebut ke browser atau menolaknya jika ternyata data yang diminta tidak ditemukan.
Berikut Langkah Instalasi Apache2 yang support php5.
Install aplikasi apache2 dan php5

#apt-get install apache2 php5

Cek hasilnya di komputer client dengan cara mengetikkan alamat IP server, atau jika anda sudah memiliki domain, ketikkan domain anda pada address bar.

Untuk mengecek php, kita harus membuat file baru didalam direktori root web server, yakni di /var/www/html

#nano /var/www/html/info.php

dan Ketikkan baris berikut ini:

<?php
phpinfo();
?>

Simpan dan Keluar, kemudian ketikkan http://[ipserver]/info.php pada browser client. Atau http://[nama domain]/info.php jika anda sudah mengkonfigurasi DNS server.
Jika muncul halaman informasi tentang php, berarti php kita sudah jalan.

Leave a Reply

Required fields are marked*