Merencanakan Kebutuhan Jaringan Wireless Menggunakan airlink ubiquiti

Ubiquiti telah menyediakan aplikasi yang digunakan untuk merencanakan kebutuhan dalam membangun jaringan wireless pada suatu area tertentu dengan topologi point to point (PTP).
Baiklah tidak perlu terlalu banyak basa basi, dalam artikel saya kali ini saya akan mencoba membangun link wireless dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto ke SMK Negeri 1 Dlanggu.

Langkah pertama buka website https://airlink.ubnt.com
Cari titik pertama (Dinas Pendidikan kabupaten Mojokerto.
Jika sudah ketemu, Klik Simulate Link

Klik pada titik Dinas Pendidikan, maka akan muncul 2 titik (warna biru dan ungu), taruh titik biru pada dinas pendidikan, dan titik ungu pada SMKN 1 Dlanggu.
   

Pada menu samping terlihat bahwa jarak antara titik A (Dinas Pendidikan) dan titik B (SMKN 1 Dlanggu) sekitar 9.11km.
Kita juga bisa memilih frekuensi yang digunakan, namun dalam hal ini yang tersedia hanya untuk frekuensi 5 Ghz dan 24Ghz.
Kita juga bisa memilih teknologi wireless yang digunakan, disitu terdapat beberapa pilihan yakni airfiber, airfiberx, airfiber fx, airmax, airmax ac. setiap kali kita merubah jenis teknologi yang digunakan, pilihan frekuensi juga akan berbeda-beda. serta signal strenght juga akan berubah-ubah. Kita juga dapat memilih kekuatan antena yang digunakan baik disisi akses point maupu disisi station.
Kita juga dapat merubah ketinggian antena disisi akses point dan station.
Dengan demikian kita dapat merencanakan kebutuhan jaringan wireless yang akan kita bangun.

Leave a Reply

Required fields are marked*